Selasa, 18 Juni 2013

RESENSI NOVEL IN SEARCH OF FATIMA



RESENSI NOVEL
IN SEARCH OF FATIMA
By : Ikra Aditya

®  Judul Buku  :  Mencari Fatima
®  Judul Asli    :  In Search Of Fatima
®  Penulis        :  Ghada Karmi
®  Penerbit     :  Diwan Publishing
®  Tahun         :  2006
®  Tebal          :  534 Halaman

Latar Belakang :
Memoar Ghada Karmi yang mempesona. Ditulis dengan luar biasa, kisah menyentuh seorang wanita Palestina yang begitu menghargai dirinya dan orang lain. Ini adalah kisah ketercerabutan. Pengalaman kemanusiaan yang begitu kaya dan terperinci. Karmi terkemuka diantara keluarga dan komunitas Palestina, dia juga punya cara halus yang sangat menarik untuk menunjukkan tantang bagaimana ribuan cara berbeda pandangan politis dan kekuatan personalnya bersinggungan. Dia lakukan ini penuh dengan keahlian dan kerja keras.
Sebuah memoar yang indah, sangat menawan, dan begitu menyakitkan kejujurannya tentang pembuangan dan ketercerabutan Palestina, yang coba dinormalkan oleh Karmi. Yang terpenting adalah, novel ini ditulis begitu cantik oleh wanita cerdas dan perasa. Dia mengisi segala kesalahan pada pembelajaran tentang zionisme. Buku ini seharusnya dapat membantu kita untuk lebih mengerti bahwa mengapa makin banyak muslim beserta tidak sedikit orang nasrani telah kehilangan keyakinan mereka terhadap upaya negara negara barat dalam menunjukkan sebuah keadilan.

Sinopsis :
Novel ini ditulis oleh perempuan Palestina asli. Boleh dikatakan memoar, karna isinya menceritakan kehidupan penulis sejak kecil hingga kini. Bermula dari kehidupannya yang normal di Tulkarm, Palestina. Normal dalam artian keadaan Palestina cukup tenang dibawah kendali inggris. Sampai pada tahun 1948 ketika bangsa Yahudi telah berbondong-bondong mendatangi dan mendiami Palestina(atas izin inggris). Disinilah konflik bermula. Yahudi melancarkan serangan ke berbagai pelosok palestina. Ledakan luar biasa pun terjadi. Ribuan orang palestina terusir. Suara letusan dan tembakan memekakkan telinga mereka. Mereka dipindahkan secara paksa, kehilangan orang yang dicintai, bahkan asal usul yang seharusnya dimiliki oleh siapapun, tekanan secara mental, serta kemiskinan. Mereka tidak tau pasti tentang apa yang terjadi sebenarnya. Karna tidak ada kejanggalan-kejanggalan yang terjadi. Namun waktu demi waktu, mereka pun mengerti tentang ketidakmanusiaan yang terjadi tersebut. Ghada Karmi sekeluarga kemudian mengunsi ke Damarkus(ketika itu usianya baru 7 tahun). Dengan perasaan berat hati mereka harus meninggalkan kota asalnya. Dua tahun kemudian, mareka hijrah ke london. Ghada Karmi mewakili ribuan Palestian yang terusir secara paksa dari tanah kelahirannya. Meniggalkan orang-orang yang mereka cintai, lalu pindah ke tempat asing, yang mereka tidak tau sendiri kemana mereka akan melanjutkan hidup mereka. Waktu demi waktu, Di tempat asing itulah dia kehilangan identitas. Mereka tidak diakui sebagai orang inggris. Begitupun sebagai orang Arab. Karna budaya  dan pola hidupnya yang sudah melekat dengan budaya Eropa. Dia juga tidak punya tempat untuk pulang. Sebab negara Palestina sudah dihapuskan dari peta. Dan digantikan dengan negara Israel Raya. Namun Karmi tidak hanya diam. Ditempat asing itulah ia berusa mengembalikan kembali hak-hak mereka. Dan kerja kerasnya pun membuahkan hasil. Keberhasilan Karmi yang paling hebat adalah mampu memanusiakan kembali kekacauan di Palestina. Kekerasan yang mengakar, dan pengalaman di jauhkan dri lingkungannya yang memberi dampak psokologis dahsyat.

Kelebihan Novel “In Search Of Fatima” :
®  Memberikan suatu pandangan hidup kepada umat manusia terutama kepada remaja dalam menyelesaikan suatu masalah, terutama masalah yang menyangkut hidup orang banyak.
® Novel In Search Of Fatima mengajarkan tentang keberanian, tekad, rasa simpati dan rela berkorban untuk kepentingan orang banyak.
Kelemahan Novel “In Search Of Fatima” :
®  Banyaknya kesalahan terjemahan dalam novel tersebut yang dapat menimbulkan spekulasi yang berbeda-beda.
®  novel tersebut memiliki kualitas kertas yang kurang baik/mudah robek.
®  kurangnya sentuhan-sentuhan gambar dalam novel tersebut, sehingga terdapat beberapa kejadian yang kurang hidup.

Kesimpulan :
Kisah-kisah dalam novel In Search Of Fatima dituturkansecara sangat akrab dan profesional. Begitu berbeda dari sudut pandang orang Palestina.In Search Of Fatima memberikan suatu pandangan hidup yang positif kepada umat manusia. Pengalaman serius, tajam, jujur dan sentuhan ringan yang mengupas tentang ketidakmanusiaan yang terjadi  karna masalah pribadi dan politik yang masih sering terjadi hingga kini. Namun semua itu dapat dimanusiakan kembali dengan tekad yang kuat, keberanian serta Doa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar